Selasa, 26 Januari 2016

MANFAAT KOMPUTER BAGI PEMBELAJARAN SENI MUSIK



Komputer merupakan perangkat elektronik yanng sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat,  karena pada saat ini hampir semua aktifitas pekerjaan sudah dibantu oleh perangkat komputer. Secara umum komputer adalah sekumpulan alat elektronik dimana satu dengan yang lainnya saling bekerja sama terkoordinasi dibawah kontrol program dengan kemampuan dapat menerima data atau input lalu mengolah data tersebut dengan menghasilkan informasi (output).
Menurut Robert H. Blissmer, komputer ialah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas seperti menerima input, memproses input, menyimpan perintah-perintah dan menyediakan output dalam bentuk informasi. Sedangakan menurut  V.C. Hamacher et al Komputer merupakan mesin pengitung elektronik yg dengan cepat dapat menerima informasi input digital, memrosesnya sesuai dengan program yg tersimpan di memorinya dan menghasilkan output informasi.
          Untuk menjalankan fungsinya dalam mengolah data dan memberikan informasi data, komputer memerlukan tiga komponen yang satu sama lain saling berhubungan, yaitu Hardware, Software dan Brainware. Hardware adalah perangkat komputer yang dapat disentuh dan dilihat. Sehingga hardware dikatakan sebagai perangkat keras. Fungsi Hardware (perangkat keras) adalah memberikan masukan, mengolah dan menampilkan keluaran, dan menjalankan suatu perintah. Software adalah data yang diprogram secara digital yang tidak dapat dilihat dan disentuh secara fisik yang terdapat di dalam komputer. Software merupakan perangkat lunak yang mengendalikan atau mengontrol perangkat keras dalam menjalankan suatu perintah atau proses. Brainware adalah orang yang menggunakan atau mengoperasikan komputer.
          Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ketiga komponen (Hardware, Software dan Brainware) ini memiliki hubungan yang sangat erat satu sama lain dalam memerankan fungsinya untuk menjalankan sistem komputer. Komputer hanya sebagai mesin yang tidak berguna apabila Hardware tidak di lengkapi software, Apabila Hardware dan software telah ada, namun tidak memiliki Brainware, maka komputer hanya memiliki fungsi tetapi tidak berguna dan tidak dapat dioperasikam. Oleh karena itu, hardware, software, braindware merupakan unsur fungsionalitas dalam komputer.


Komputer yang telah beroperasi dengan baik melalui ketiga komponen di atas, akan memberikan  kemudahan bagi semua bidang pekerjaan. Termasuk dalam bidang pendidikan. Bagi dunia pendidikan komputer memiliki beberapa manfaat dan membantu memudahkan pekerjaan mulai dari pekerjaan administrasi sampai proses pembelajaran. Secara umum manfaat komputer dalam bidang pendidikan, antara lain:

  • Untuk membuat aplikasi yang berkaitan dengan fasilitas sekolah, seperti perpustakaan serta laboratorium.
  • Untuk membuat database, kepegawaian, serta data siswa.
  • Untuk administrasi surat menyurat.
  • Untuk menyusun administrasi kelengkapan pembelajaran, seperti Silabus, RPP, Daftar Hadir, Daftar Nilai, serta administrasi lainnya.
  • Untuk mencatat data keuangan sekolah, serta membuat anggaran dana dan belanja sekolah.
  • Bisa digunakan sebagai media pembelajaran dengan membuat power point.
  • Melalui akses internet, guru dan siswa dapat mencari sumber belajar lain seperti E-Book.
          Dari beberapa manfaat yang dipaparkan di atas, sudah sangat jelas bahwa komputer memiliki peranan yang penting dalam perencanaan dan proses pembelajaran untuk mata pelajaran apapun, tidak terkecuali untuk pembelajaran seni musik. Dalam pembelajaran seni musik, guru bisa memanfaatkan perangkat komputer untuk membuat perencanaan pembelajaran, serta membuat media pembelajaran berupa powerpoint agar dalam menyampaikan materi pelajaran tidak monoton dan menarik. Selain itu, untuk beberapa materi seperti Apresiasi Seni Musik, guru bisa memanfaatkan komputer untuk menyimpan berbagai data video tentang karya-karya musik yang sesuai dengan materi untuk di apresiasi oleh siswa. Guru juga dapat menggunakan beberapa aplikasi yang berkaitan dengan materi pelajaran seni musik, salah satu contohnya aplikasi gampack (gamelan mekanik) yang dapat membantu guru memperkenalkan jenis-jenis alat musik gamelan beserta audionya secara detail apabila dalam proses pembelajaran tidak terdapat alat musik gamelan yang sesungguhnya.
 


Melalui bantuan perangkat komputer, segala bentuk pekerjaan yang dilakukan akan berjalan secara efektif dan efisien. Mulai dari perencanaan  pembelajaran, proses pembelajaran sampai pada evaluasi pembelajaran. Melalui komputer, hasil pekerjaan guru bisa disimpan dan bisa digunakan kembali untuk kegiatan selanjutnya apabila masih diperlukan.
       
Daftar Bacaan:
http://www.artikelsiana.com/2015/04/pengertian-hardware-software-brainware.html#

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PPDB SMA NEGERI 22 GARUT TAHUN 2022