Komputer merupakan perangkat elektronik yanng sudah tidak asing
lagi di kalangan masyarakat, karena pada
saat ini hampir semua aktifitas pekerjaan sudah dibantu oleh perangkat komputer.
Secara umum komputer adalah sekumpulan alat elektronik dimana satu dengan yang
lainnya saling bekerja sama terkoordinasi dibawah kontrol program dengan
kemampuan dapat menerima data atau input lalu mengolah data tersebut dengan
menghasilkan informasi (output).
Menurut Robert H. Blissmer, komputer ialah suatu alat elektronik
yang mampu melakukan beberapa tugas seperti menerima input, memproses input,
menyimpan perintah-perintah dan menyediakan output dalam bentuk informasi.
Sedangakan menurut V.C. Hamacher et al
Komputer merupakan mesin pengitung elektronik yg dengan cepat dapat menerima
informasi input digital, memrosesnya sesuai dengan program yg tersimpan di
memorinya dan menghasilkan output informasi.
Untuk menjalankan
fungsinya dalam mengolah data dan memberikan informasi data, komputer
memerlukan tiga komponen yang satu sama lain saling berhubungan, yaitu Hardware, Software dan Brainware. Hardware adalah perangkat komputer yang
dapat disentuh dan dilihat. Sehingga hardware dikatakan sebagai perangkat
keras. Fungsi Hardware (perangkat keras) adalah memberikan masukan, mengolah
dan menampilkan keluaran, dan menjalankan suatu perintah. Software adalah data yang diprogram secara digital yang tidak dapat
dilihat dan disentuh secara fisik yang terdapat di dalam komputer. Software
merupakan perangkat lunak yang mengendalikan atau mengontrol perangkat keras
dalam menjalankan suatu perintah atau proses. Brainware adalah orang yang menggunakan
atau mengoperasikan komputer.
Seperti yang
sudah dijelaskan di atas, ketiga komponen (Hardware, Software dan Brainware)
ini memiliki hubungan yang sangat erat satu sama lain dalam memerankan
fungsinya untuk menjalankan sistem komputer. Komputer hanya sebagai mesin yang
tidak berguna apabila Hardware tidak di lengkapi software, Apabila Hardware dan
software telah ada, namun tidak memiliki Brainware, maka komputer hanya memiliki
fungsi tetapi tidak berguna dan tidak dapat dioperasikam. Oleh karena itu,
hardware, software, braindware merupakan unsur fungsionalitas dalam komputer.
Komputer yang telah beroperasi dengan baik melalui ketiga
komponen di atas, akan memberikan kemudahan
bagi semua bidang pekerjaan. Termasuk dalam bidang pendidikan. Bagi dunia
pendidikan komputer memiliki beberapa manfaat dan membantu memudahkan pekerjaan
mulai dari pekerjaan administrasi sampai proses pembelajaran. Secara umum
manfaat komputer dalam bidang pendidikan, antara lain:
- Untuk membuat aplikasi yang berkaitan dengan fasilitas sekolah, seperti perpustakaan serta laboratorium.
- Untuk membuat database, kepegawaian, serta data siswa.
- Untuk administrasi surat menyurat.
- Untuk menyusun administrasi kelengkapan pembelajaran, seperti Silabus, RPP, Daftar Hadir, Daftar Nilai, serta administrasi lainnya.
- Untuk mencatat data keuangan sekolah, serta membuat anggaran dana dan belanja sekolah.
- Bisa digunakan sebagai media pembelajaran dengan membuat power point.
- Melalui akses internet, guru dan siswa dapat mencari sumber belajar lain seperti E-Book.
Dari beberapa manfaat yang dipaparkan di atas, sudah sangat
jelas bahwa komputer memiliki peranan yang penting dalam perencanaan dan proses
pembelajaran untuk mata pelajaran apapun, tidak terkecuali untuk pembelajaran
seni musik. Dalam pembelajaran seni musik, guru bisa memanfaatkan perangkat
komputer untuk membuat perencanaan pembelajaran, serta membuat media
pembelajaran berupa powerpoint agar dalam menyampaikan materi pelajaran tidak
monoton dan menarik. Selain itu, untuk beberapa materi seperti Apresiasi Seni
Musik, guru bisa memanfaatkan komputer untuk menyimpan berbagai data video
tentang karya-karya musik yang sesuai dengan materi untuk di apresiasi oleh
siswa. Guru juga dapat menggunakan beberapa aplikasi yang berkaitan dengan materi
pelajaran seni musik, salah satu contohnya aplikasi gampack (gamelan mekanik)
yang dapat membantu guru memperkenalkan jenis-jenis alat musik gamelan beserta
audionya secara detail apabila dalam proses pembelajaran tidak terdapat alat
musik gamelan yang sesungguhnya.
Melalui bantuan perangkat komputer, segala bentuk pekerjaan yang
dilakukan akan berjalan secara efektif dan efisien. Mulai dari perencanaan pembelajaran, proses pembelajaran sampai pada
evaluasi pembelajaran. Melalui komputer, hasil pekerjaan guru bisa disimpan dan
bisa digunakan kembali untuk kegiatan selanjutnya apabila masih diperlukan.
Daftar Bacaan:
http://www.artikelsiana.com/2015/04/pengertian-hardware-software-brainware.html#
Tidak ada komentar:
Posting Komentar